Minggu, 25 September 2016

Pengertian Manajemen Perubahan

      Pada pertemuan awal ini, sebelum kita masuk kepada materi manajemen perubahan ada baiknya kita mengetahui pengertian dari manajemen dan pengertian dari perubahan.
       Manajemen adalah suatu proses penggunaan sumber daya organisasi dengan menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan perubahan adalah segala sesuatu yang dikatakan berbeda atau Before Condition vs After Condition. Adapun macam macam perubahan :

  1. Perubahan secara Fisiologi adalah perubahan fisik yang terjadi pada diri seseorang mulai dari bayi, balita, remaja, dewasa, dan lansia. Perubahan ini telah menjadi kodrat dalam kehidupan manusia.
  2. Perubahan secara Psikis adalah perubahan psikologi yang dialami oleh seseorang dan selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman yang dialaminya. Perubahan psikis ini sangat berpengaruh dengan ilmu pengetahuan seseorang yang akan dikembangkan menjadi pola fikir, pola sikap, dan pola perilaku.
  3. Perubahan secara Evolutif adalah perkembangan yang terjadi terus menerus dengan reformatif.
Oleh karena itu, perubahan dapat terjadi setiap saat dan kapan saja situasi membutuhkan. Perubahan dapat terjadi karena timbulnya dorongan eksternal , tetapi juga dapat timbul dari adanya kebutuhan internal organisasi untuk melakukan perubahan.
Dalam kehidupan ini, setiap orang memiliki cita cita dan setiap orang memiliki persepsi yang berbeda tentang kesuksesan. Kesuksesan tidak mungkin hadir dalam kehidupan kita jika kita tidak berusaha untuk mendapatkannya. Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Kegagalan adalah awal dari sebuah Kesuksesan”. Orang yang pernah berusasha untuk sebuah kesuksesan terkadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, namun berbeda dengan orang yang sama sekali tidak pernah berusaha sudah jelas tidak akan memperoleh apa yang diinginkannya.
Ada beberapa faktor yang menentukan sebuah kesuksesan yang kami singkat dengan 5P 1N:
-          Pribadi, seseorang yang memiliki pribadi yang baik mampu dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan menempatkan dirinya pada tempatnya. Sehingga pribadi pantas untuk menjadi point pertama penentu kesuksesan.
-           Potensi, semua orang yang ada di dunia ini memiliki potensi yang dapat dikembangkan melalui sebuah proses, baik pendidikan formal maupun pendidikan non-formal. Potensi akan melahirkan serangkaian ide ide untuk sebuah perubahan meraih kesuksesan.
-           Peluang, orang yang berani memanfaatkan peluang yang ada dan berani mencoba akan lebih dekat dengan sebuah kesuksesan.
-      Pesaing, adalah orang yang mehasilkan sesuatu mirip dengan yang kita hasilkan. Keberadaan pesaing membuat kita melihat kelebihan dan kekurangan produk yang kita tawarkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan perkembangan zaman.
-        Pilihan, selalu ada pilihan dalam kehidupan ini tergantung bagaimana kita membawa pribadi, mengembangkan potensi, memanfaatkan peluang dan memperhatikan pesaing, sehingga kita dapat mengetahui dan memilih langkah apa yang selanjutnya kita tempuh demi meraih kesuksesan.
-        Nasib, kita tidak dapat pungkiri bahwa nasib sangat berperan penting dalam sebuah kesuksesan. Namun keberadaan nasib kami sisipkan di paling akhir karena jika kita telah melaksanakan kelima point di atas dengan maksimal maka kemungkinan besar hasil dari perjuangan seiring dengan nasib baik yang kita harapkan tentunya kita harus rajin berusaha dan jangan lupa untuk berdoa.

Setelah memahami konsep manajemen dan perubahan, maka persoalan selanjutnya adalah bagaimana perubahan tersebut harus dikelola. Pemahaman terhadap manajemen perubahan sangat diperlukan agar kemungkinan keberhasilan upaya perubahan lebih besar.
Jadi, Manajemen Perubahan adalah suatu proses sistematis dalam mmenerapkan pengetahuan, sarana, dan sumber daya yang diperlukan untuk mempengaruhi perubahan pada orang yang akan mengalami proses tersebut.
          Demikianlah pertemuan kita dikesempatan ini, yang kami tulis masih jauh dari kesempurnaan karena kami juga sementara belajar untuk mengembangkan potensi yang kami miliki demi menyambut masa depan yang penuh dengan perubahan. Perubahan adalah sebuah kepastian dalam kehidupan, orang-orang yang selalu mengenang masa lalu dan meratapi masa kini, itulah orang-orang yang akan kehilangan masa depan. Mari Berubah!!!

                

0 komentar:

Posting Komentar